Pengenalan Microsoft Excel Bagi Pemula

Setelah kita membahas pengenalan microsoft word bagi pemula maka pada kesempatan ini kita juga akan membahas pengenalan microsoft excel bagi pemula. Microsoft Office sangat dibutuhkan bagi yang ingin melamar pekerjaan. Jika bisa menguasai sepenuhnya aplikasi microsoft office ini maka peluang untuk diterima dilapang kerja yang kita inginkan akan semakin mudah. Maka penting sekali buat teman-teman untuk lebih giat lagi belajar software microsoft office ini, terutama microsoft word dan microsoft excel.

Baiklah sebelum kita mulai siapkan kopi, makanan ringan terlebih dahulu biar tidak bosan :) heheehe

Langkah pertama bagi pemula microsoft excel adalah mengetahui fungsi-fungsi setiap menu yang ada didalam toolbar.


Gambar diatas merupakan logo dari microsoft excel. Pasti sudah tidak asing lagi kan bagi kita semua, tapi bagi pemula harus bisa membedakan setiap logo yang ada pada microsoft office. Maka dari itu saya selalu melampirkan foto logo pada bagian paling atas untuk memudahkan kita dalam memahami microsoft excel. 

Secara garis besar didalam aplikasi perangkat lunak microsoft excel ada delapan menu yang harus kita ketahui. Menu kedelapan ini adalah:
  1. Menu Excel Option 
  2. Menu Home
  3. Menu Insert
  4. Menu Page Layout
  5. Menu Formulas
  6. Menu Data
  7. Menu Riview, dan
  8. Menu View
Gambar ke delapan menu tersebut dapat dilihat seperti dibawah ini:



Baik dari kedelapan menu tersebut akan kita jelaskan satu persatu secara rinci. Pertama Menu Excel Option. Menu Excel Option tidak jauh bedanya dengan Menu Word Option seperti yang sudah dijelaskan pada bagian word yaitu pengenalan microsoft word bagi pemula. Dimana fungsi New adalah untuk membuat halaman baru, Fungsi Open adalah untuk membuka file atau project yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya, Fungsi save sudah pasti untuk menyimpan file, dan Save as untuk menyimpan file dengan nama dan lokasi penyimpanan yang berbeda sesuai keinginan kita untuk merubahnya. Fungsi Print adalah untuk mengeluarkan kedalam bentuk kertas atau untuk mencetak serta juga berfungsi untuk me-review hasil laporan sebelum di cetak. Fungsi fublish adalah untuk mengkonversi atau untuk mempublishkan ke dalam bentuk yang lain biasanya kedalam bentuk html. Dan yang terahir adalah fungsi Excel Option, menu ini juga sama seperti menu word option pada pembahasan pengenalan microsoft word bagi pemula. Bisa digunakan untuk merubah display dan sebagainya. Menu exit tentu untuk keluar dari program secara keseluruhan.
Berikut dapat dilihat gambar menu Excel Option.


Selanjutnya pengenalan Menu Home, Menu Home dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

                         

Pada menu Home terdapat lagi Sub Menu seperti:
  1. Sub Menu Clipboard
  2. Sub Menu Font
  3. Sub Menu Alingment
  4. Sub Menu Number
  5. Sub Menu Style
  6. Sub Menu Cells
  7. Sub Menu Editing
Mari kita bahas satu persatu Sub Menu tersebut..............
bersambung...................




EmoticonEmoticon